Selasa, 01 Oktober 2013

Pengertian dan Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan

Psikologi Pendidikan ialah salah satu cabang psikologi yang secara khusus mengkaji perilaku individu dalam konteks aktivitas pendidikan.
Psikologi Pendidikan mempelajari, meneliti, dan membahas seluruh tingkah laku manusia yang terlibat dalam proses pendidikan. Tujuannya adalah untuk menemukan berbagai fakta, generalisasi, dan teori-teori psikologi yang berkaitan dengan dunia pendidikan melalui metode ilmiah tertentu dalam rangka pencapaian efektifitas prosesnya. Pendidikan merupakan kegiatan yang di dalamnya melibatkan banyak orang, yaitu siswa, guru, masyarakat, dan juga orang tua. Namun dalam konteks psikologi pendidikan, persoalannya lebih terfokus pada siswa. Karena pada hakikatnya pendidikan adalah sebuah pelayanan untuk siswa.
Adapun ruang lingkup Psikologi Pendidikan meliputi:
1. Sampai sejauh mana faktor pembawaan dan lingkungan berpengaruh terhadap proses belajar
2. Sifat-sifat dari proses belajar
3. Hubungan antara tingkat kematangan dengan kesiapan belajar
4. Signifikansi pendidikan terhadap perbedaan individual dalam kecepatan dan keterbatasan belajar
5. Perubahan-perubahan jiwa yang terjadi selama dalam proses belajar
6. Hubungan antara prosedur-prosedur mengajar dengan hasil belajar
7. Teknik-teknik yang sangat efektif bagi penilaian kemajuan dalam belajar

8. Pengaruh/akibat relative dari pendidikan formal dengan pengalaman-pengalaman belajar yang incidental dan informal terhadap individu
9. Nilai sikap ilmiah terhadap pendidikan dalam personil sekolah
10. Akibat psikologis yang ditimbulkan oleh kondisi-kondisi sosiologis terhadap sikap para siswa

Daftar Pustaka

-Mahmud. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia
-Mudzakir, Ahmad. 1997. Psikologi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.